Tidak semua orang nampaknya menyerukan “Wakanda Forever”. Mengapa? Karena ternyata data Box Office Jepang menunjukkan suatu hal yang berbeda. Dalam data itu, ternyata film Black Panther yang telah meraih kesuksesan domestik di Amerika Utara dan juga secara internasional ini tidak berkutik saat disandingkan dengan Doraemon. Film superhero Marvel tersebut masih belum bisa menggeser kedudukan kantong ajaib Doraemon yang menjadi favorit orang Jepang.

Black Panther Masih Kalah Jauh

Berdasarkan data dari Box Office Negara Matahari Terbit tersebut untuk pekan lalu, sekitar tanggal 3-4 Maret 2018, raihan penonton Black Panther masih kalah juh dari film animasi togelpelangi paling baru, Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island. Dua film tersebut diketahui sama-sama menjalani pekan debutnya. Akan tetapi film seri ke-38 dari robot kucing biru yang mana juga terkenal di Indonesia itu menjadi posisi pertama di Box Office dengan pendapatan awal US $8 juta atau sekitar 717.000 penonton.

Raihan ini pasalnya tercatat meningkat sebanyak 22% dibandingkan pada saat yang sama di film sebelumnya, Doraemon the Movie 2017:Great Adventure in the Antartic Kachi Kochi. Film itu mendapatkan pendapatan total sebesar US $42 juta.

Di sisi lainnya, Black Panther pada akhir pekan pertama di Jepang Cuma mampu menarik sebanyak 199 ribu penonton saja dengan pendapatan awal sebesar US $2,9 juta. Akan tetapi setelah 4 hari penayangannya, pada hari Selasa (6/3), Black Panther dilansir dari CNN Inodnesia memperoleh pendapatan US $4,7 juta. Atas pencapaian itu, Black Panther menempati posisi kedua dalam Box Office Jepang.

Tantangan Film Internasional di Jepang

Jepang adalah satu dari sedikit negara yang ada di Asia yang belum juga mengumumkan pendapatan film yang sudah sangat sukses di Amerika Utara tersebut. menurut data dari Box Office Mojo, Jepang dan Cina adalah dua negara yang masih juga belum memberikan data pendapatan box office. Dua negara itu tergolong menjadi negara pasar besar yang ada di Asia dan juga sekaligus menantang untuk Hollywood karena budaya mendahulukan menonton film produksi lokal terlebih dahulu.

Sampai sekarang ini, Black Panther sendiri telah mengumpulkan total pendapatan sampai dengan US $899 juta dengan US $501 juta berasal dari pasar domestic Amerika Utara sebagai penyumbang pendapatan yang paling dominan.

Dan di pasar internasional Black Panther Cuma bisa memperoleh sebesar US $398 juta atau sekitar 44% saja dari pendapatan totalnya di pekan ke-3 penayangannya. Sementara itu, di pasar domestic Amerika Utara, akhir pekan Oscar 2018 lalu, Black Panther masih juga menempati posisi yang pertama pada Box Office dengan pendapatan sebesar US $66,3 juta.

Bagaimana untuk posisi kedua? Untuk posisi kedua ditempati oleh Red Sparrow, film yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence. Di awal pekan debutnya, film yang menampilkan mata-mata Rusia itu meraih pendapatan sebesar US $16,8 juta.

Sementara di posisi ketiga pada Box Office Amerika Utara ditempati oleh Death Wish yang juga debutnya pertama menghasilkan sebesar US $13 juta. Untuk posisi keempat, ada Game Night yang memperoleh pendapatan sebesar US $10 juta dan nomor 5 tak disangka dihuni oleh Peter Rabbit dengan pendapatan US $10 juta.

Nampaknya di Amerika Utara memang Black Panther bisa mendominasi namun tidak demikian di Negara Matahari Terbit yang masih mencintai beberapa film lokalnya termasuk Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *